Apresiasi Pakar, Atas Kinerja Densus Tangani Teroris

Jatiluhuronline, Jakarta - Ketua Program Studi Kajian Terorisme Sekolah Kajian Stratejik dan Global (Kapro SKSG) Universitas Indonesia, Muhamad Syauqillah, M.Si., Ph.D mengapresiasi Densus 88 Anti Terorisme Mabes Polri. Atas upaya penanganan Jamaah Islamiyah (JI) hingga membubarkan diri, dengan pendekatan lembut (soft approach) dalam penanganan terorisme. 

"Kami meminta, agar aparat penegak hukum tetap melakukan proses penegakan hukum. Atas eks anggota Al Jamaah Al Islamiyah, yang terlibat dalam tindak pidana terorisme," katanya saat dihubungi, Sabtu (06/07/2024). 

Menurut pakar terorisme, pembubaran Al Jamaah Al Islamiyah itu. Sebaiknya dilanjutkan, dengan program deradikalisasi berkelanjutan. Dengan melibatkan seluruh pihak, baik elemen negara maupun organisasi masyarakat. 

Pihaknya juga meminta, pembubaran diri organisasi Al Jamaah Al Islamiyah. Sebaiknya tidak mengendorkan pola pembinaan dan kewaspadaan, yang selama ini dilakukan oleh seluruh Kementerian/Lembaga.

"Hal itu, mengingat adanya perubahan strategi JI dari Pedoman Umum Perjuangan Al Jamaah Al Islamiyah (PUPJI), Tastos hingga strategi Tamkin Al Jamaah Al Islamiyah," tegasnya.

Karena itu, Syauqillah meminta eks petinggi JI dan pengikut dari level markaziyah hingga thaifah. Perlu membuktikan diri, kepada negara dan masyarakat. Bahwa telah benar-benar kembali, ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
 
"Eks petinggi JI dan lembaga pendidikan yang berada di bawahnya, perlu kembali menyelaraskan kurikulum dan semua aktifitas. Dengan menggarisbawahi pentingnya nilai-nilai kebangsaan, dengan melibatkan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan," pungkasnya. (***/RIK)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Apresiasi Pakar, Atas Kinerja Densus Tangani Teroris"

Posting Komentar